MASIGNCLEAN102

Tips Belajar Bahasa Belanda di Fakultas Hukum

Kamu sedang belajar bahasa Belanda di fakultas hukum? Kenapa sih harus belajar bahasa bangsa asing tersebut? kan mereka sudah menjajah kita ratusan tahun, masa kita pelajari lagi?
Nah, disini akan dijelaskan secara singkat pertanyaaan tersebut berserta tips-tips yang mungkin berguna bagi kamu dalam mempelajari bahasa Asing tersebut.

Belajar Bahasa Belanda di Fakultas Hukum




So, kenapa kita harus mempelajari bahasa Belanda?
Jawaban nya simpel, kita kan dijajah ratusan tahun sama Belanda, dan hukum yang diterapkan di negeri Belanda juga diterapkan di negara jajahannya (kita), bahkan hukum yang kita pakai pun seperti hukum pidana, hukum perdata masihlah merupakan peninggalan dari kolonial Belanda.

Jadi, mau tak mau, kita harus ngerti dikit lah tentang bahasa mereka wkwkw

Latar Belakang penulisan artikel ini

Sebelum saya jumpa sama mata kuliah wajib yg satu ini, sebenarnya saat SMA saya sudah ketemu dengan pelajaran bahasa Jerman.
Kita tahulah bahasa Jerman dan bahasa Belanda itu ga jauh-jauh beda.
Ya, seperti kita orang Indonesia mempelajari bahasa tetangga kita (malaysia), kan ga sulit-sulit amat.

Lalu kenapa saya tulis artikel ini? Adapun alasannya adalah sebagai berikut
  • Pelajaran ini masih merupakan mata kuliah wajib
  • Teman-teman saya ada yang gagal dalam mata kuliah ini
  • Saya berhasil dapat nilai A wkwkwk

Jadi apa aja nih tips tips nya?
Ku bikin per point aja ya biar simpel

1. Hafal mati subyek
Seperti Ik, U, Jij, Hij, Zij,Wij, Jullie, Zij dan cara mengkonjugasikannya.
Kapan stam nya ditambah 't', dan kapan ditambah 'en', ya gitulah

2. Hafal kata Jizn dan Hebben
Yang 2 ini vital banget, pokoknya kata ZIJN dan HEBBEN itu hafal mati deh beserta konjugasinya.
Kalau kata kerja ZIJN itu kaya gini :
  • Ik ben
  • U bent
  • Hij/Zij is
  • Het is
  • Wij zijn
  • Jullie zijn
  • Zij zijn
Kalau kata kerja HEBBEN itu kaya gini :
  • Ik heb
  • U hebt/heeft
  • Jij hebt
  • Hij/Zij heeft
  • Het Heeft
  • Wij hebben
  • Jullie hebben
  • Zij hebben
3. Mengerti letak S, Pv, O, SP
Ya, misalnya ada kalimat : De partijen willen een overeenkomst sluiten
Maka,
De partijen = S
willen = Pv
een overeenkomst = O
sluiten = SP

Udah, itu aja sih, pokoknya rajin-rajin mengulangi lah biar ga lupa,

Sekian tips dari saya, semoga aja tulisan ini ada yang baca 😆🙏

Salam, Pubiway 😀
Share This :
Edwin

Berilah komentar secara wajar, baik dan benar.