MASIGNCLEAN102

Bisakah Mengubah Wifi menjadi Data Seluler?

Apakah wifi bisa dikonversi menjadi paket data seluler? atau bisa ga data wifi itu disimpan biar jadi paket data biasa gitu? Benarkah demikian? Simak ulasan yang akan dibahas AnakSosial.com berikut.

Ubah Wi-Fi jadi Data Seluler

Apakah Wifi Bisa jadi Data Seluler?
Ubah Wi-Fi jadi Data Selulur?

Saat sedang asyik di warkop (warung kopi), teman saya bertanya seperti ini "bisa ga wifi disini kita simpan biar kita pakai di tempat dan waktu lain?"
Maksudnya, data wifi yang gratis dan unlimited di warkop itu di simpan di hp nya biar bisa dipakai di tempat lain supaya ga perlu beli paket data lagi.

Nah, kenapa pertanyaan seperti itu bisa-bisa nya muncul?
Bukan satu orang saja, tapi sudah beberapa orang pernah bertanya seperti itu.

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, rasanya perlu deh di jelasin dulu apa itu wifi dan apa itu paket data seluler.


Wi-Fi

Terkadang ada orang yang menyebutnya hotspot, yang pada dasarnya adalah tempat (suatu titik) dimana bisa mengakses internet secara gratis.
Nah, supaya sinyal si wifi ini (bacanya "wai fai" ya jangan "wi fi" apalai "wai fi" ๐Ÿ˜› ) bisa diakses smartphone atau laptop kita perlu alat namanya router.(itu loh yang ada lampu nya berkedip-kedip dan terkadang ada antenanya)

Supaya router ini bisa memancarkan sinyal wifi ke sekelilingnya dan terhubung ke internet perlu kabel (yang terbaru disebut fiber gitu) ataupun antena.
Supaya bisa dapat sinyal yang kuat ya harus dekat dekat ama di router ini.


Data Seluler

Orang bilang sih paket internet, yang bisanya disediakan oleh operator kaya Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Axis, Smartfren, dll.
Harga paket nya beraneka ragam, dan dijamin cepat habis bila nge-youtube HD 720 dan keatasnya๐Ÿ˜…


Nah kenapa wifi bisa unlimited sedangkan data seluler di batas-batasi?

Untuk membuat wifi paling dibutuhkan kabel dan tiang dan semacam nya.
Bisa unlimited tapi ya di tempat itu-itu aja.
Bagi wifi pake antena juga ga bisa dipindah-pindah karena titik kordinatnya udah dikunci (kata sales nya sih gitu)

Untuk membuat data seluler, perlu dibangun BSC, BTS ( tiang tower tinggi yang biasanya warna merah dan putih dan kalau malam ada lampu merah kedap-kedip itu loh) dan sebagainya.
Namun, kita bisa mengaksesnya baik dalam perjalanan atau dimana aja selagi sinyal nya ada. (Sinyal pun ada 2G, 3G, 4G, dan bentar lagi 5G)
Paket datanya juga dibatasi, kalaupun unlimited palingan ada FUP nya tuh.


Nah, kembali ke judul, bisa ga wifi itu di ubah jadi seluler?
Jawaban nya tidak.

Kita kasi ilustrasi dikit nih.
Jangan berpikir seperti ini,
Mata air di pegunungan adalah wifi nya (yang unlimited itu), sedangkan
air dalam kemasan (misalnya Aqua 600ml, 1500 ml) adalah paket data seluler

Ingat, jangan sampai berpikir seperti itu, karena sistem internet bukan kaya gitu ya.


Agar Smarthone/laptop kita terhubung dengan internet kita perlu terhubung ke ISP, baru ISP itu menghubungkan kita ke internet.
Alur Terhubung Ke Internet
Alur Terhubung ke Internet

ISP wifi itu seperti Indihome, MNC play media, Bolt, Biznet, Firstmedia, MyRepublic, dll.
ISP data seluler ya operator seperti Telkomsel, Indosat, Xl, dll.

ISP data seluler melakukan pembatasan akses internet, misalnya 1GB, 5GB, 20GB, dan sebagainya.
Alasannya, karena untuk menyediakan data seluler itu dananya besar, dan mereka mengambil keuntungan (ingat, perusahaan tujuan nya untuk mencari laba bukan rugi) disana dengan menjatah akses data kita, dan kita kenal dengan paket data seperti disebut diatas, dan setiap operator mematok harga yang berbeda-beda pula.

Sedangkan ISP penyedia wifi itu ngambil keuntungan nya dari langganan penggunanya. Makanya kalau langganan wifi minimal beberapa bulan atau 1 tahun, dan harga perbulannya 200 ribu lebih.

Nah, jadi yang namanya menyimpan data wifi jadi paket data itu tidak mungkin untuk dilakukan ya....
Seperti itulah kira-kira ๐Ÿ˜…


Bila penjabaran diatas ada yang kurang di mengerti, atau bahkan ada kekeliruan mohon koreksinya ya di kolom komentar, sebab penjabaran diatas adalah menurut pemikiran yang saya pahami sendiri yang saya dapat dari berbagai pengalaman yang saya alami sendiri.

Demikian artikel kali ini, terimakasih.

Salam, Pubiway ๐Ÿ˜€
Share This :
Pubiway Edwin

Seorang anak kecil yang suka main internet

Berilah komentar secara wajar, baik dan benar.