MASIGNCLEAN102

Trik dan Tips Masuk KPS FH USU

Berikut ini akan diuraikan trik dan tips untuk masuk ke Komunitas Peradilan Semu (KPS) di Fakultas Hukum (FH) USU.



Sebelumnya apa itu KPS, bagaimana sejarahnya, dan apa tujuannya, berikut penjelasannya secara singkat.

Apa Itu KPS FH USU?

KPS merupakan organisasi internal yang bersifat Independen di Fakultas Hukum USU. KPS berdiri pada tanggal 08 Desember 2011, dengan ketua terpilih yang pertama Hendy Pratama.

Bagaimana Sejarah KPS?

Sebelum KPS terbentuk secara resmi sebagai sebuah organisasi kampus, sudah lebih dulu ada tim yang berlomba dibidang moot court mewakili FH USU di Universitas Udayana (BALI) pada tahun 2010. Beberapa mahasiswa yang ikut yaitu Yusty Riana Purba, Riswendang Purba, Dorothy Filomena Rumapea, Gading Satria Nainggolan, Hendy Pratama dkk.

Apa tujuan KPS?

Tujuan utama organsasi ini adalah memberikan pendidikan, pelatihan hukum acara peradilan di Indonesia umumnya dan memberangkatkan anggota KPS yang menjadi Delegasi untuk mengikuti perlombaan KPS di tingkat nasional khususnya (utamanya).


Nah itu dia penjelasan singkat yang saya kutip dari situs https://prezi.com/766lpvnvguku/komunitas-peradilan-semu-kps



Lalu, apa saja Trik Dan Tips Supaya bisa masuk? Berikut penjelasannya.


Setiap semester, KPS akan mengadakan OPREC (Open Recruitment).
Setidaknya kamu perlu mengisi formulir,  pas photo, uang kontribusi dan sebagainya sesuai yang diminta panitia.

Dalam OPREC ini terdapat 4 Tahapan Seleksi yakni :
1. Pemaparan Hukum Acara
Ya kamu harus memaparkan tentang Hukum Acara (yang tentunya di hafal bukan dibaca), nanti akan dikasi kertas(bahan) yang mesti kamu paparkan.
Nah tips dari admin, selain menguasai materi tersebut, kamu juga harus mencari hal-hal mendasar yang umum tentang hukum acara, karena penguji kamu nanti selain bertanya tentang pemahaman tentang materi, juga hal lain diluar materi tapi masih berhubungan.

2. Analisa Kaspos
Yap, kamu harus menganalisa KasPos (kasus posisi).
Nanti kamu memiliki 2 kemungkinan, menganalisa kaspos Perdata, atau menganalisa Kaspos Pidana.
Bahan nya dikasi dari mereka, dan tugas kamu menganalisa kaspos tersebut seperti mencari tahu pasal-pasal dan UU mana saja yang bisa dikenakan kepada masing-masing tokoh dalam kaspos tersebut.
Tips dari admin sih selain menguasai pasal & UU mana saja, kamu harus tahu seputar pembagian pengadilan dan jenis-jenisnya, pokoknya yang masih seputaran hal tersebut karena lagi-lagi penguji akan menanyakan hal tersebut.

3. Praktek Persidangan
Ya, kamu harus mempraktekkan persidangan bersama teman-teman yang sudah panitia tetapkan. Biasanya kalau tahap sebelumnya dapat kaspos perdata maka kamu akan melakukan sidang perdata, demikian juga dengan pidana, namun ada juga kemungkinan kamu dipindahkan sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu.
Tips dari admin ya kalian (karena sudah 1 kelompok) butuh seorang pelatih dan yang paling admin rekomendasikan adalah angkatan yang melakukan ospek sama kalian karena mereka sudah selesai praktek klinis.
Kerja sama adalah kuncinya, dan kamu harus menguasai semua peran karena pengujinya nanti akan mengacak-acak posisi kalian saat sidang, mungkin sidang pertama kamu jadi Hakim Ketua, mungkin sidang kedua kamu jadi saksi, dan lain-lain.

4. Wawancara
Tahap terakhir nih. Kamu bakal ditanyaain pengetahuan kamu tentang KPS, seperti bagaimana sejarahnya, tujuannya, prestasi yang sudah diraih, siapa-siapa yang menjabat sekarang dan sebagainya, motivasi kamu masuk itu apa, dan sejenisnya lah.
Tips dari admin sih kamu harus pede, konstisten dengan setiap jawaban jangan plin-plan, gugup dan sejenisnya.



Nah, selain diatas kamu bisa pakai trik-trik seperti :
1. Tunjukkan bahwa kamu memang layak masuk. Kamu harus pede jangan minder. Tunjukkan kalau kamu memang layak masuk organisasi tersebut, baik melalui perkataan maupun sikap.

2. Belajarlah secara berkelompok. Dari 4 tahap diatas kamu hanya akan bermain secara kelompok ketika praktek sidang, sisanya kamu sendiri. Nah saat kamu sendiri ini bermainlah dengan teman-teman kamu yang berencana untuk masuk bersama, karena berkelompok jauh lebih baik ketimbang bermain sendiri. Kamu bisa saling menopang, bekerja sama, saling support dan sebagainya.

3. Bekerja sama lah dengan baik dan tunjukkan loyalitas mu terhadap kelompok saat menghadapi tahap 3 (Praktek sidang). Dengan akrab dengan semua anggota kelompok kamu akan belajar dan berlatih dengan lebih nyaman.

4. Yang terakhir iklas menerima hasil akhir. Karena penilaian berada pada penguji bukan kita sebagai peserta :D


Nah itu dia trik dan tips masuk KPS FH USU, semoga masuk  ya :)

Salam, Pubiway :)



Share This :
Pubiway Edwin

Seorang anak kecil yang suka main internet

Berilah komentar secara wajar, baik dan benar.