Pengalaman Pertama Kuliah (Semester 1)

Kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman pertama kuliah di semester 1

Sebelum nya saya perkenalan singkat dulu,
Saya adalah mahasiswa semester 2 di sebuah PTN, dan masuk melalui jalur ujian tulis.

Baca juga artikel Tips Menghadapi SBMPTN 2017

Jadi, artikel ini ditujukan buat kamu yg masih SMA yang ingin duduk di bangku perkuliahan, dan disini saya menguraikan sedikit tentang perbedaan-perbedaan yang terjadi antara masa SMA dengan Kuliah.

Guru dan Dosen

Guru cenderung akan memperhatikan dan peduli dengan kamu, sedangkan dosen tidak,
sama (sebagian) guru kita masih bisa bikin ulah/tingkah , sedangkan dosen tidak, karena dosen  menganggap kamu sudah dewasa, sedangkan guru masih berusaha mendidik kamu.
Pengalaman saya :
Ada dosen yang cuek saja, kamu datang dia tak peduli, kamu terlambat dia tetap memberi izin masuk.
Namun ada juga dosen yang baik, yakni masih peduli, kamu melakukan kesalahan masih dimarahi mirip seperti guru SMA, dan saya terkadang lebih suka sama dosen seperti ini, karena 'care'.

Teman SMA dan Teman Kuliah

Teman SMA dikelas sangat akrab, sering bersama.
Teman Kuliah di kelas cenderung individualis alias main sendiri, hal ini dikarenakan waktu bersama yang kurang, ya karena saat kuliah jam belajarnya dikelas tidak sebanyak masa SMA.
Pengalaman saya :
Selama SMA kita akrab dengan teman 1 kelas, karena sering bersama, sering kena marah bersama, dan juara antar kelas bersama, ya intinya berjuang bersama-sama.

Beda sekali dengan kuliah, teman sekelas hanya sebatas teman dan kenal saja. Kamu akan cenderung bergabung dan akrab dengan teman di kelompok-kelompok tertentu, misal teman ekstrakurikuler futsal, sepakbola, dan kawan yang sering nongkrong bareng menunggu jam kuliah selanjutnya, dan sejenisnya.

Penyampaian Pelajaran saat SMA dan saat Kuliah

Saat SMA, guru lebih banyak menyuapi kamu ilmu daripada di suruh mencari sendiri.
Saat kuliah, dosen hanya memberikan gambaran-gambaran umum alias garis-garis besarnya saja, sisanya ya cari sendiri.
Pengalaman Saya :
Sebenarnya sih pelajaran di kuliah itu ga terlalu jauh beda dengan SMA yang menerapakan K13, namun yang pakai KTSP2006 akan terasa sekali beda nya. Saya bisa mengatakan demikian karena SMA saya pernah menerapkan K13 selama 1 semester dan berjalan tidak baik. Ya, pemerintah kala itu terlalu buru-buru tanpa persiapan yang matang. Untung saja tidak semua guru menerapkan seperti aturan main.
Guru bahasa Inggris saya pernah mengajar cuma ngasi judul dan sedikit penjelasan, sisanya cari sendiri bersama kelompok, dan hasil diskusi harus dipersentasikan di depan kelas. Ya masih untung masih bisa dicari bersama-sama walaupun yang namanya kerja kelompok itu yang kerja satu-dua, yang lain berkelompok.
Bayangkan kalau guru matematika menerapkan seperti itu, ya menurunkan rumus aja udah bingung, apalagi materi seperti trigonometri.....

Uang Sekolah SMA dan Uang Kuliah

Saat SMA bayarnya tiap bulan, kalau kuliah bayar tiap semester.(Kampus saya menerapkan sistem UKT yakni Uang Kuliah Tunggal)

Pengalaman saya :
Bayar uang sekolah SMA tinggal antar ke TU/tempat pembayaran uang sekolah tiap bulannya.
Kalau bayar uang kuliah cetak billing statement terus antar ke bank setiap 1 semester...

Tugas SMA dan Tugas Kuliah

SMA cenderung banyak tugas mulai mencatat, bikin koku, PR, dan sebagainya.
Kalau kuliah tugas nya ya bikin makalah, dan tugas biasa, tapi ini semester 1 ya...
Pengalaman saya :
Kalau SMA hampir tiap hari ada aja tugas, kalau kuliah(smster 1)  tugas nya ga se sering SMA, tapi ya sekali dikasi banyak dan buat jangka panjang. Jujur saja, selama kuliah jadi tambah malas...

Absen SMA dan Absen Kuliah

Saat SMA yang melakukan absen guru dibantu sekretaris, kalau kuliah keseringan tanda-tangan, disinilah dikenal istilah TA(Titip Absen), walaupun terkadang dosen yang mengabsen.
Pengalaman saya:
Kalau SMA cenderung sulit untuk tidak hadir tapi ditulis hadir, kalau kuliah ya tinggal tanda tangani saja semua absen terus besok nya ga datang lagi, atau minta TA ama teman. Ada mahasiswa sekelas saya yang jarang masuk saat kuliah bahkan saya ga hafal wajahnya, tapi pas ujian muncul, ya seperti itulah...

Panampilan SMA dan Penampilan Kuliah

Masa SMA pakaian nya diatur seragam 1 sekolah, harus lengkap asribut seperti nama, simbol, dasi dan topi(dasi dan topi tidak wajib di semua SMA). Terus rambut ga boleh panjang, (buat siswa laki-laki) kalau tidak gunting guru akan beraksi, ga boleh pakai perhiasan berlebihan.

Kalau kuliah pakaian terserah yang penting rapi dan sopan, pakai sepatu dan kalau pun pakai kaos harus berkerah. Rambut laki2 panjang kaya cewek pun ga masalah.


Nilai saat SMA dan Nilai saat Kuliah

Saat SMA nilai cenderung lebih mudah didapat ketimbang masa kuliah. Walaupun tidak selalu...
Pengalaman saya :
Saat SMA mendapat nilai itu tergantung guru dan sekolahnya juga. Saya pernah dapat nilai 69,5 saat ujian TIK, padahal KKM nya 70,0 ... 0,5 lagi baru lulus. Namun ada juga sekolah tampak baik, agak aktif di kelas dapat nilai bagus.
Saat kuliah pun tergantung dosen nya juga. Ada dosen yang mudah kasi nilai bagus, dan ada juga dosen yang ngasi rendah sama satu kelas...Nah, kalo saya sudah mengoleksi nilai A, B, C, dan E.
Ga perlu heran nilai E nya dari dosen yang bagaimana...

Jam Belajar SMA dan Jam Belajar Kuliah

SMA waktu nya teratur dan rapi, tetapi saat kuliah cenderung acak alias tidak sama dari senin sampai jumat, dan dosen mau mengganti jadwal lagi bila ia sibuk.
Pengalaman saya :
Saat SMA biasanya masuk antara pukul 7.15 sampai 7.45, dan pulangnya sekitar jam 13.30. Kalau ada eskul ya lebih lama lagi. Dan begitu dari Senin sampai Sabtu (di beberapa sekolah hari Sabtu itu tidak belajar, diganti pengembangan diri)
Sedangkan saat kuliah, jam nya acak. Misal hari Senin mata pelajaran pertama masuk pukul 7.30 dan dilanjut lagi pelajaran berikutnya yang diselangi 10-30 menit. Tapi hari Selasa, mata kuliah pertamanya  masuk pukul 7.30, dan mata kuliah kedua nya pukul 15.40, terdapat jarak waktu yang sangat lama. Disinilah biasanya kamu akan nongkrong bersama teman-teman mu, karena kalau pulang selain jauh juga capek.

Kesimpulan

Kuliah tidak seindah khayalan anak SMA.


Begitulah pengalaman pertama kuliah semester 1 saya...
Bila ada kesalahan, mohon dimaafkan :D


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengalaman Pertama Kuliah (Semester 1)"

Berilah komentar secara wajar, baik dan benar.